beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Mulai Tahun Ini, Anak Usia 0-17 Wajib Punya KTP

Mulai Tahun Ini, Anak Usia 0-17 Wajib Punya KTP

 
wildan
2016-02-12 12:19:15
wildan Pelayanan Publik 0 213
 
 
Mulai Tahun Ini, Anak Usia 0-17 Wajib Punya KTP

Mulai Tahun Ini, Anak Usia 0-17 Wajib Punya KTP

 

Berita Pelayanan Publik Pilihan

 
 
 
 
 

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah mulai tahun ini mewajibkan anak memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA). “KIA adalah identitas resmi anak sebagai bukti diri anak yang berusia kurang dari tujuh belas tahun dan belum menikah,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulis yang diterima Tempo, Kamis, 11 Februari 2016.

Tjahjo menuturkan KIA wajib dimiliki anak mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2016 perihal Kartu Identitas Anak. Kartu itu akan diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota. Sesuai Pasal 2 dalam peraturan itu, penerbitan KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan, dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. 

Tjahjo mengatakan KIA memiliki dua jenis yaitu kartu identitas untuk anak berusia 0-5 tahun dan untuk usia 5-17 tahun. Syarat penerbitan KIA, kata dia, adalah bagi anak yang baru lahir KIA akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran. 

Namun bagi anak yang belum berusia 5 tahun dan belum memiliki KIA persyaratannya adalah salinan kutipan akte kelahiran dan menunjukkan kutipan akte kelahiran aslinya. Selain itu Kartu Keluarga (KK) orangtua atau wali dan KTP asli kedua orangtua atau wali. 

Bagi anak yang berusia 5-17 tahun kurang satu hari tetapi belum memiliki KIA, persyaratannya adalah salinan kutipan akte kelahiran dan menunjukkan kutipan akte kelahiran asli. Selain itu KK asli orangtua atau wali dan KTP asli kedua orangtua atau wali. Ada persyaratan tambahan yaitu berupa pas foto anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak dua lembar. Peraturan tersebut berlaku mulai 19 Januari 2016. 

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan